Bappenda Kabupaten Bogor Terus Meningkatkan Kontribusi Pendapatan Asli Daerah Khususnya dalam Penerimaan Pajak Daerah

Bogor, kabarpokja.com

Bappenda Kabupaten Bogor sebagai satuan kerja perangkat daerah yang  berkaitan langsung dengan pengelolaan dan peningkatan pendapatan asli  daerah mempunyai tugas pokok yaitu menyelenggarakan pengelolaan pajak  daerah dan mengadakan koordinasi dengan instansi lain dalam hal  perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian pengelolaan pajak daerah.

Bappenda selalu berupaya memberikan pelayanan secara prima kepada  masyarakat dan meningkatkan kontribusi pendapatan asli daerah khususnya dalam  penerimaan pajak daerah. Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang  masih tinggi berdampak pada proses pelayanan kepada masyarakat yang tidak optimal dan penurunan penerimaan pajak daerah.

Demi menjawab tantangan atas hal tersebut,  maka diperlukan inovasi  yang berkelanjutan agar Bappenda terus mampu menyelaraskan perkembangan  organisasi ke arah yang lebih maju di segala bidang serta meningkatkan kualitas  kinerja, pelayanan dan peningkatan penerimaan pajak daerah. Sehubungan dengan  hal tersebut, maka Bappenda bermaksud melakukan penjaringan ide inovasi yang  berasal dari sumber daya internal yang bertujuan untuk menanamkan sikap kerja  yang inovatif agar mampu meningkatkan kualitas pelayanan serta pendapatan pajak  daerah melalui inovasi yang dihasilkan dan diimplementasikan secara optimal dan  berkelanjutan.

Lomba Bappenda Innovation Award dilaksanakan di Bulan Agustus Tahun 2021. Dalam teknis pelaksanaan kegiatan lomba inovasi ini dapat diikuti oleh seluruh pegawai lingkup Bappenda Kabupaten Bogor dengan tahapan kegiatan sebagai berikut :

Berdasarkan hasil penilaian terhadap propoposal dan expose terdapat peserta 6 (enam) besar dengan Juara Bappenda Innovation Award 2021 terbaik dimenangkan oleh peserta dengan aplikasi sebagai berikut :

  1. B-TAX (Bappenda Taxpedia)
  2. BOMS (Bappenda One Map System)
  3. PATEN (Sarana Pelayanan Berbasis Digital)
  4. TORLING (Pelayanan Pembayaran PBB P2 melalui motor keliling)
  5. BAPPENDA HUB (Workspace)
  6. SITEL (Sistem Informasi Teguran Elektronik)

Aplikasi terbaik yaitu B-TAX yang merupakan aplikasi penghimpunan dan perhitungan data potensi pajak daerah yang memuat informasi rinci wajib pajak dan obyek pajak serta perhitungan potensi pajak daerah yang kedepannya digunakan sebagai penyempurnaan dari aplikasi SIMPAD. Aplikasi tersebut memberikan manfaat sesuai dengan struktur organisasi Bappenda yang berbasis fungsi yaitu

Lomba inovasi ini digunakan sebagai sarana dalam menciptakan inovasi di Bappenda Kab. Bogor yang akan diimplementasikan sebagai sarana dalam peningkatan kualitas layanan di Bappenda Kab. Bogor.

Bappenda Kabupaten Bogor terus berupaya memperbaiki administrasi tata kelola Pajak Daerah sehingga rangkaian proses inovasi sistem lingkungan kerja dan pelayanan dapat beriringan dengan berbagai inovasi Teknologi Informasi yang dapat meningkatkan pendapatan pajak daerah ( Syarif )

BAPPENDA JUARA

JUJUR, AMANAH, RAMAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *