Budi : Menjadi peserta JKN-KIS, Buat Saya Tidak Takut untuk Berobat

Bogor, kabarpokja.com

Hadirnya BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara jaminan kesehatan, memberikan udara segar bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan biaya terjangkau.

Kini masyarakat tidak perlu takut mengenai biaya yang akan ditimbulkan untuk berobat dengan hanya mendaftarkan diri melalui program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tentu membayar iuran tiap bulannya sesuai kelas yang dipilih.

Salah satu peserta yang merasakan manfaat dan keuntungan dari Program JKN-KIS tersebut, Budi (25). Sebagai pengemudi ojek online yang terus disibukkan dengan kegiatan di jalanan, Budi merasabahwa diriny perlu dilindungi oleh jaminan kesehatan.

“Saya sudah menjadi peserta Program JKN-KIS sejak 3 tahun yang lalu. Alasan saya mendaftar karena kebutuhan akan kesehatan terutama orang tua saya. Waktu itu, orang tua memang sakit-sakitan dan saya belum berani membawa untuk berobat, karena memang kondisi keuangan sangat tidak baik dan merasa berat untuk biaya berobat. Maka saya mendaftarkan keluarga saya termasuk orang tua saya menjadi peserta JKN-KIS supaya saya bisa bisa mendapat bantuan dari BPJS Kesehatan,” ujar Budi, Selasa (23/10).

Menurut Budi, adanya jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan ini menjadi penyelamat masyarakat yang tidak mampu untuk berobat akibat terkendala biaya. Meskipun dirinya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen peserta mandiri kelas 3 atau terendah, ia terus mendapatkan pelayanan yang terbaik. Ia bersyukur, biaya yang di timbulkan dalam berobat jadi lebih terjangkau dan hanya wajib membayar iuran tiap bulannya.

“Saat itu orang tua saya merasa sakit asma setelah dibawa ke rumah sakit, orang tua saya didiagnosa sakit paru-paru dan liver. Beliau di rawat selama sebulan dan biaya-biaya tersebut semuanya di tanggung oleh pihak BPJS Kesehatan, saya tidak mengeluarkan uang sama sekali baik biaya perawatan dan obat-obatannya,” tambah Budi.

Tidak hanya itu saja, Budi mengajak masyarakat yang belum mendaftarkan diri untuk segara bergabung Program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan, agar bisa membantu meringankan biaya perawatan dan berobat. Setidaknya apabila tidak sakit bisa membantu kelangsungan Program BPJS Kesehatan dalam membantu teman-teman yang membutuhkan juga dalam kondisi sakit.( dauri )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *