Permasalahan Tak Kunjung Usai, Masyarakat Minta PT Rainbow Indah Carpet, Tepati Janji.

Bogor, kabarpokja.com

Permasalahan PT Rainbow Indah Carpet ( RIC ) terhadap lingkungan sekitar khususnya warga yang berada di lingkungan RW 03 Kp Mandalasari Desa Cimandala Kecamatan Sukaraja kabupaten Bogor hingga kini tak kunjung usai .
Hal tersebut disampaikan tokoh masyarakat RW 03 saat mengadakan Musyawarah Warga yang dihadiri oleh para pemuda Kp Mandalasari dan perwakilan dari PT Rainbow di Majlis RT 02/03 Rabu malam 11/8/2021.

 

Pertemuan yang di prakarsai oleh karangtaruna RW 03 dan tetap memperhatikan prokes tersebut, selain dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga, hadir juga ketua RW 03 Rudi Japar dan para ketua RT .

Banyak hal yang belum tuntas khususnya yang berkaitan dengan lingkungan, sehingga kami memandang perlu untuk mengadakan musyawarah, mencari solusi yang terbaik ungkap ketua pemuda RW 03 Atis saat bertemu dengan awak.media empat jam sebelum pertemuan dilaksanakan, ” ya selama ini banyak janji Rainbow yang belum terealisasi terhadap lingkungan seperti meredam suara bising, kepulan asap yang keluar dari corong blower yang menimbulkan aroma tidak sedap, termasuk janji perusahaan yang akan mengutamakan pekerja dari lingkungan terdekat, semua itu belum ada realisasinya” ungkap laki laki berambut keriting tersebut .

Hal serupa juga disampaikan tokoh masyarakat yang berasal dari RT 01/03 yang terkena imbas dari perusahaan, menurut laki laki berbadan tegap yang bernama Burhani tersebut dirinya pernah berseteru dengan pihak perusahaan terkait dugaan dari imbas bau yang tidak sedap yang menimbulkan sesak napas, hanya saja waktu itu kita sudah minta kepada semua pihak termasuk dinas terkait seperti DLH dan pihak aparat Desa Cimandala, sayangnya tidak jelas juntrungannya setelah perusahaan disidak oleh pihak terkait. aku mantan ketua KNPI kabupaten Bogor ini.

Lebih lanjut pihaknya membeberkan bahwa waktu itu pihak perusahaan berjanji akan memanggil pihak qorban alias Burhani untuk menjelaskan kejadian yang sebenarnya termasuk transparansi hasil laboratorium pengecekan limbah perusahaan yang memproduksi Carpet ini.

Untuk itu pihaknya mengingatkan para petinggi perusahaan agar segera membenahi serta menepati janji janji terhadap lingkungan khususnya RW 03.

Bahkan dirinya berharap para wakil rakyat DPRD Kabupaten Bogor untuk turun tangan dan memanggil semua pihak mulai dari perusahaan, dinas terkait dan Warga untuk mencari penyelesaian terkait berbagai permasalahan yang tak kunjung usai tersebut , pihaknya menduga sudah ada lingkaran permainan sehingga segala permasalahan yang terkait dengan warga RW 03 tidak ada kejelasan papar Burhani.
pemerintah kabupaten Bogor diminta bertindak tegas terhadap pihak perusahaan yang tidak mengindahkan aturan serta memperhatikan lingkungan pabrik, apalagi jika perusahaan kerap membuat panik warga dengan pencemaran di tengah lingkungan yang berdampak kepada kesehatan bahkan berakibat kematian tambah Burhan .

pihaknya mengingatkan jika hal ini berlarut larut maka bukan tidak mungkin dirinya beserta warga akan melakukan aksi demo besar-besaran serta menempuh jalur hukum, apabila tidak ada etika baik dan tindakan tegas dari pemerintah.

Selain itu Burhani juga menduga perizinan yang dimiliki oleh PT rainbow khusunya dalam pembangunan yang semula ijin peruntukan untuk gudang diduga kuat saat ini telah dijadikan ruang produksi sehingga menurutnya ini harus dievaluasi oleh pemerintah kabupaten Bogor secara objektif dan terbuka transparan.
Hasil pantawan dilapangan perusahaan yang berada dalam lingkungan RW 03 tersebut makin hari makin berkembang pesat, khususnya dalam pengembangan pembangunan dan tidak pantas jika kordinasi terhadap lingkungan tidak berjalan baik tegasnya.

Saat yang bersamaan ketua Rukun Warga 03 Rudi Japar saat di minta tanggapan , pihak tidak menampik bahwa selama ini ada sisi positipnya meskipun demikian dirinya sependapat bahwa lebih banyak PR Rainbow terhadap warga yang belum terselesaikan.
Sebagai ketua RW dirinya berharap agar warga lingkungan RW 03 dan PT Raibow bisa menemukan solusi terbaik sehingga masalahnya bisa kelir dan keduanyapun bisa bergandengan tangan. harap ketua RW ( kb-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *