Seniman se-Jabotabekban, Jelajahi Wisata Dengan Seni Dan Budaya

Bogor, kabarpokja.com

Kaloborasi para seniman yang berasal dari Jakarta, Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Banten ( Jabotabekban) Jelajahi Wisata Dengan Seni dan Budaya yang berlangsung di daerah Wisata Danau Tanah Baru, Desa Waringin Jaya, Bojong Gede – Bogor, Selasa (28/12/2021).

Kegiatan yang di pelopori Dewan Kesenian Kabupaten Bogor ( DKKB ) Selain di hadiri para seniman dan Seniwati asal Jabotabekban juga turut hadir Camat Bojonggede Yodi Ermaya, Kades Waringin Jaya Rohmat, Ketua DKKB Putra Gara, Dewan Pakar DKKB R. Nasan Sujana.

Ketua DKKB Putra Gara mengatakan; “Dengan adanya program Bupati Bogor Ade Yasin dengan wisata Desa, maka bersama Pendes Waringin Jaya kita berkolaborasi dalam eksplorasi wisata Seni dan Budaya,” ujarnya.

Lebih jauh Gara mengatakan, dalam kolaborasi dengan objek wisata seni dan budaya, kita tampilkan sanggar-sanggar seni yang bergabung di DKKB maupun diluar. Karena sejatinya DKKB adalah rumah besar para pelaku seni dan budaya.

Saat yang bersamaan Kepala Desa Waringin Jaya Rohmat, mengatakan, dalam meningkatkan wisata Desa, Pemdes berkolaborasi dengan Dewan Kesenian Kabupaten Bogor di program Saba Desa, dan Pemdes Waringin Jaya akan memanfaatkan potensi yang ada di wilayah untuk dijadikan wisata desa seperti Setu tanah baru atau dulu dikenal Setu kandang babi, kali Ciliwung yang akan dibangun menjadi arung jeram, serta Curug Emas.

“Semua pontensi yang ada akan melibatkan semua pihak, salah satunya karang taruna supaya ikut serta dalam menggali potensi yang ada. Semoga program ini membawa kemajuan bagi Desa Waringin jaya,” harap Rohmat.

Sementara, R. Nasan Sujana selaku Dewan Pakar di DKKB menuturkan, agar kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Bogor terus dikembangkan, karena budaya salah satu peninggalan nenek moyang.

“Jadi kita harus bisa merawatnya. Potensi wisata desa dikolaborasikan dengan berbagai pertunjukan seni budaya, tentu akan menjadi daya tarik,” kata R. Nasan Sujana.

Sementara Camat Bojonggede berharap, giat Dewan Kesenian Saba Desa ini jangan hanya berhenti disini. Ini giat produktif yang harus terus dilakukan demi menjaga dan merawat seni budaya yang ada.

Acara yang berlangsung dari pukul 10.00 – selesai pukul 15.30 WIB. Sementara giat acaranya ada pentas seni tari, musik band dan juga musik tradisi, musikalisasi puisi, melukis bersama, dan parade baca puisi dari berbagai komunitas sastra.

“Saya ucapkan terimakasih kepada komunitas Sastra Alinea Baru, Satra Semesta, Ruang Sastra Kita, dan para seniman dan seniwati yang sudah suport giat pesta seni DKKB akhir tahun ini,” ungkap Gara mengakhiri.( dauri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *