Tingkatkan Transformasi Digital di Kabupaten Bogor, Diskominfo Gelar Forum PD Perubahan Renstra

 

Bogor, kabarpokja.com

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, gelar kegiatan Forum Perangkat Daerah Perubahan Renstra Tahun 2018-2023, di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Jumat (16/4).

Guna meningkatkan transformasi digital di Kabupaten Bogor serta mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, informatif dan terintegrasi, sebagai upaya pemulihan ekonomi mempercepat pembangunan Kabupaten Bogor.

Forum PD ini sangat penting dan harus dilakukan oleh seluruh PD lingkup Kabupaten Bogor. Hari ini selain Diskominfo ada delapan PD yang melakukan kegiatan yang sama. Mudah-mudahan tranformasi digital kita bisa meningkat lebih baik, agar kita dapat menyesuaikan dan sejajar dengan daerah lain yang transformasi digitalnya sudah maju dan berkembang,” ungkap Irwan.

Irwan, meyatakan, pelaksanaan Forum PD perubahan Renstra merupakan salah satu tahapan yang harus ditempuh oleh seluruh PD lingkup Kabupaten Bogor termasuk Diskominfo. Dalam rangka menyusun perubahan Renstra PD tahun 2018-2023, yang merupakan implikasi dari adanya Perubahan RPJMD Kabupaten Bogor.

“Perubahan RPJMD jadi pedoman kita dalam menyusun RKPD dan Perubahan Renstra Diskominfo Kabupaten Bogor. Forum PD ini kita lakukan untuk menyelaraskan pelaksanaan urusan pemerintah khususnya urusan bidang komunikasi dan informatika, statistik dan persandian,” tambahnya.

Menurut, Kadiskominfo, Forum PD bertujuan untuk memperoleh masukan dari berbagai sumber yang bersifat partisipatif, politis dan para pemangku kepentingan untuk merumuskan isu strategis, tujuan, sasaran, program kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2022-2023.
“Saran masukan penting untuk kami, sehingga dapat menghasilkan program kegiatan tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga dapat mendorong terwujudnya misi ke-3 RPJMD yakni terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik,” tutup Irwan.

Saat yang bersamaan, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Bogor, Nia Indrawathi menjelaskan, isu strategis Diskominfo Kabupaten Bogor adalah pengembangan Data Center yang menjadi pusat data Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, pengembangan dan penguatan inftastruktur jaringan, pengembangan dan penyediaan layanan informasi website, integrasi aplikasi untuk memudahkan pelayanan publik, pengamanan jaringan komunikasi data, fungsi kehumasan pada Perangkat Daerah, dan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat.

“Kemudian Ketersediaan layanan informasi publik yang berkualitas yang dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah dan cepat, pengembangan Sumber Daya Aparatur di lingkup Diskominfo Kabupaten Bogor, peranan urusan persandian dalam pengamanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Pembentukan Ekosistem Smartcity, serta peranan urusan statistik untuk menghasilkan data sektoral yang berkualitas,” ujar Nia.

Lanjut Nia, Keterkaitan kebijakan Diskominfo dengan RPJMD yaitu mewujudkan Kabupaten Bogor yang informatif, meningkatnya kualitas sistem pemerintahan berbasis elektronik. Meningkatnya kualitas data dan informasi statistik sektoral serta meningkatnya penyelenggaraan persandian dan keamanan informasi. (dauri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *